Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Join us on Facebook

Side Ads

Cari Blog Ini

My Facebook

.

.

Koma Dan Titik

Kamis, 21 Mei 2015

Kehidupan ini saya ibaratkan sebagai untaian kata-kata yang terangkai dalam satu kalimat. Sebuah kalimat, tentunya akan membentuk berbagai macam arti, disaat kita meletakkan tanda koma dan titik di dalamnya. Tentunya kita akan senantiasa berupaya untuk dapat membentuk suatu kalimat kehidupan yang memiliki makna yang dalam. Namun bagaimana kita dapat membentuk kalimat tersebut ?
Sebelum mengulas lebih lanjut, ada baiknya kita memahami dahulu apa fungsi dasar dari koma dan titik itu. Salah satu fungsi dari koma itu adalah sebagai penghubung kalimat, menandakan tempat jeda sesaat dari suatu kalimat. Jadi ketika kita berbicara tentang koma, tentunya tidak lepas dari hal-hal yang bersifat fleksibel. Dalam kehidupan, saya ibaratkan koma itu adalah suatu harapan, peluang, dan bisa juga suatu alasan. Selayaknya harapan, padanya masih terbuka kesempatan berpikir dari banyaknya kemungkinan dan kesempatan untuk merancang atau melanjutkan langkah kedepan.
Sedangkan titik, salah satu fungsinya adalah sebagai tanda berakhirnya suatu kalimat. Jadi titik tentunya sangat berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya lebih pasti dan biasanya menjadi akhir dari suatu kesimpulan. Di dalamnya tidak ada keraguan, tanpa ada kebimbangan, hanya ada kepastian.
Layaknya kehidupan ini, sepantasnyalah kita terus berupaya dan berjuang dengan segenap kemampuan yang kita miliki. Tak pernah ada manusia yang sempurna, yang ada hanyalah manusia yang senantiasa "berproses" untuk mengarah ke arah kesempurnaan. Maka jangan pernah berhenti dalam satu titik, ketika kita belum yakin dengan apa yang kita perjuangkan. Jangan pernah berhenti pada satu titik, ketika kita belum cukup mampu membuktikan apa yang ingin kita buktikan. Tak perlu takut tuk menempatkan beberapa koma, jika memang itu dibutuhkan demi mencapai suatu titik.
Maka, tempatkanlah dengan tepat beberapa koma dalam kalimat kehidupanmu. Dipastikan kalimat kehidupanmu akan berakhir pada satu titik yang penuh makna. Namun di saat kita keliru dalam menempatkannya, dipastikan kalimat kehidupanmu akan berakhir pada sebuah titik yang penuh kehampaan. Salam... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Telu Wolu 38

Most Reading

Jadwal Waktu Sholat